Catatan Yang Tercecer

Selesai upacara penguburan mami Desember tahun lalu, ada salah seorang kerabat yang bilang gini ke aku: “Nie, Noni masih untung ada Tante ‘X’ tinggal di sini. Untung ada dia!”

Kadang manusia suka sok tau :) Mereka merasa “tau” apa yang baik dan tidak baik untuk kita. Ukuran umum yang mereka rasa baik (untuk umum), pasti (mereka pikir) baik untuk kita juga.

Padahal belum tentu.

Aku sekarang malah merasa “untung” setelah nggak tinggal lagi sama kerabat yang mana pun. Tumbuh dan besar dari keluarga yang (amat sangat) kecil, membuat aku merasa SANGAT tidak nyaman hidup dengan orang lain – yang bukan termasuk keluarga “inti” (ayah, ibu, anak).

Sekarang aku merasa benar-benar tinggal di rumah sendiri (meskipun ini rumah ngontrak dan yang dulu itu rumah orangtua) setelah hampir tiga tahun merasa jadi orang asing di rumah sendiri.

Mak-dar-it. Bukannya maksud hati untuk menjauh dari kerabat-kerabat almarhumah – tapi ini yang terbaik untuk aku saat ini. Hidup tanpa campur tangan orang lain, hidup tanpa merasa sungkan dengan orang lain, hidup tanpa tekanan batin karena orang lain.

Ya. Buat aku, di luar “tim inti” adalah orang lain. Dan “orang lain” hanya bisa menjadi keluarga karena hubungan darah. Dan ada yang lebih kuat dari hubungan darah, yaitu hubungan emosional. It’s not just blood related. It’s chemical.

Buat aku, Miskiyah itu keluarga karena dia punya tempat yang istimewa di hidup dan hati aku – tempat yang aku berikan untuk sosok keluarga.

Maaf kalau keterusterangan itu menyakitkan. Anda toh tidak tahu apa yang aku dan almarhumah mami benar-benar rasakan selama 2-3 tahun terakhir di masa hidupnya. Menjadi orang asing di rumah sendiri. Ditambah perasaan-perasaan lain yang tidak etis kalau diungkapkan secara terbuka di sini.

Aku dan papi sudah lebih tenang sekarang. Be happy for us. You need not to admit it, but I’m not as bad and as useless as some people think. God knows that. And you can’t be more “sok tau” than Him, right? ;)

Or, can you?

Leave a Reply

